Upaya Guru dalam Menumbuhkan Kemandirian Siswa pada Masa Pembelajaran Daring

Authors

  • Erlina Yanti Harahap Universitas Al Washliyah UNIVA Medan
  • Fathul Jannah Universitas Al Washliyah UNIVA Medan

Keywords:

Kemandirian, Pembelajaran, Daring, Guru, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian siswa, kendala yang dihadapi guru dalam menumbuhkan kemandirian siswa selama pembelajaran Daring dan upaya yang dilakukan guru dalam menumbuhkan kemandirian siswa selama pembelajaran Daring di MTs Cerdas Murni Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Penelitan diolah menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan analisis data deskriptif, dan teknik analisa data yaitu reduksi data, penyaja data dan membuat kesimpulan terhadap data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian siswa pada masa pembelajaran Daring di MTs Cerdas Murni Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang sudah berkembang dengan baik. tetapi tiak terlepas dari kendala yang dihadapi guru di MTs Cerdas Murni Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang yakni kemampuan guru dan siswa dalam menguasai aplikasi android membutuhkan waktu yang cukup lama, belajar jarak jauh siswa kurang terkontrol, keterbatasan kepemilikan android, paket dan jaringan. Upaya yang dilakukan guru dalam menumbuhkan kemandirian siswa selama pembelajaran Daring di MTs Cerdas Murni Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang dengan menggunakan model dan media pembelajaran yang efektif seperti zoom, google classroom, gambar, video serta email. Semoga penelitian ini bermanfaat bagi guru di MTs Murni Cerdas Tembung dalam proses pembelajaran Daring.

Downloads

Published

2022-08-05

How to Cite

Harahap, E. Y. ., & Jannah, F. . (2022). Upaya Guru dalam Menumbuhkan Kemandirian Siswa pada Masa Pembelajaran Daring. Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 22–35. Retrieved from https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/Tajribiyah/article/view/255

Issue

Section

Articles