PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK
Keywords:
Media Grafis, Hasil Belajar, Akidah AkhlakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media grafis dalam pembelajaran Akidah Akhlak, bagaimanakah hasil belajar siswa dengan menggunakan media grafis pada mata pelajaran Akidah serta bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam menggunakan media grafis di MTs Al-Manar Medan Johor. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data, meliputi observasi, wawancara dan doumentasi. Pada teknik analisa data yaitu mengumpulkan, mencatat, menyajikan, dan menyimpulkan hasil data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa-siswi lebih memahami karena disajikan melalui gambar, poster, sehingga media grafis sangat efektif dan efisien dalam kegiatan belajar mengajar . 2) Nilai akademik siswa VIII MTs Al-Manar menggunakan media grafis, nilai rata-rata kelas yaitu 82.62 melampaui KKM. 3) Faktor pendukung dalam penggunaan media grafis adalah a) kompetensi professional guru, b) atensi peserta didik dalam menerima mari pelajaan. Sedangkan faktor pnghambatnya adalah minimnya sarana prasaran sekolah dan alokasi waktu pembelajaran. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu dan pendidikan terutama yang berhubungan dengan penggunaan media grafis dalam proses belajar mengajar guna menyampaikan pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas belajar materi di sekolah.