PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK

Authors

  • Muhammad Subhi Universitas Al Washliyah UNIVA Medan
  • Khairuddin Lubis Universitas Al Washliyah UNIVA Medan
  • Hotni Sari Harahap Universitas Al Washliyah UNIVA Medan

Keywords:

Media Grafis, Hasil Belajar, Akidah Akhlak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media grafis dalam pembelajaran Akidah Akhlak, bagaimanakah hasil belajar siswa dengan menggunakan media grafis pada mata pelajaran Akidah serta bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam menggunakan media grafis di MTs Al-Manar Medan Johor. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data, meliputi observasi, wawancara dan doumentasi. Pada teknik analisa data yaitu mengumpulkan, mencatat, menyajikan, dan menyimpulkan hasil data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa-siswi lebih memahami karena disajikan melalui gambar, poster, sehingga media grafis sangat efektif dan efisien dalam kegiatan belajar mengajar . 2) Nilai akademik siswa VIII MTs Al-Manar menggunakan media grafis, nilai rata-rata kelas yaitu 82.62 melampaui KKM. 3) Faktor pendukung dalam penggunaan media grafis adalah a) kompetensi professional guru, b)  atensi peserta didik dalam menerima mari pelajaan. Sedangkan faktor pnghambatnya adalah minimnya sarana prasaran sekolah dan  alokasi waktu pembelajaran. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu dan pendidikan terutama yang berhubungan dengan penggunaan media grafis dalam proses belajar mengajar guna menyampaikan pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas belajar materi di sekolah.

Downloads

Published

2022-04-21

How to Cite

Subhi, M. ., Lubis, K. ., & Harahap, H. S. . (2022). PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK . Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 73–82. Retrieved from https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/Tajribiyah/article/view/209

Issue

Section

Articles