PENGEMBANGAN MANAJEMEN KURIKULUM DI MADRASAH ALIYAH MUALLIMIN UNIVA MEDAN

Authors

  • Hotni Sari Harahap Universitas Al Washliyah UNIVA Medan
  • Khairun Nisa Pasai Universitas Al Washliyah UNIVA Medan

Keywords:

Strategi, Pengembangan, Madrasyah Aliyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prinsip-prinsip pengembangan kurikulum di Madrasah Aliyah Swasta Mu’allimin UNIVA Medan, serta implementasi pengembangan kurikulum di Madrasah Aliyah Swasta Mu’allimin UNIVA Medan. Adapun metode penelitian yang digunakan ialah jenis pendekatan kualitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena penelitian, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisa datanya meliputi reduksi data, penyajian data dan penekanan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum terdiri dari prinsip berorientasi pada tujuan, prinsip relevansi (kesuaian), prinsip efisiensi dan efektivitas, prinsip fleksibelitas (keluwesan), prinsip berkesinambungan, prinsip keseimbangan, prinsip keterpaduan dan prinsip mutu. 2) Implementasi Pengembangan Kurikulum Madrasah Aliyah Swasta Mu’allimin UNIVA Medan dengan perencanaan dalam proses pembelajaran merupakan kewajiban yang mesti dilakukan guru sebelum melaksanakan proses pembelajaran, yang meliputi perangkat program tahunan, semester, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi berupa informasi bagi seluruh Madrasah yang ingin mengembangkan kurikulum di Madrasah yang dipimpinnya.

Downloads

Published

2022-04-19

How to Cite

Harahap, H. S. ., & Pasai, K. N. (2022). PENGEMBANGAN MANAJEMEN KURIKULUM DI MADRASAH ALIYAH MUALLIMIN UNIVA MEDAN. Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 63–72. Retrieved from https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/Tajribiyah/article/view/208

Issue

Section

Articles