PELAKSANAAN PROGRAM TAHSIN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MEMBACA TAJWID DI MTs ISLAMIYAH

Authors

  • Isnaini Rizky Universitas Al Washliyah UNIVA Medan
  • Khairuddin Lubis Universitas Al Washliyah UNIVA Medan
  • Hotni Sari Harahap Universitas Al Washliyah UNIVA Medan

Keywords:

Pelaksanaan, Program Tahsin, Belajar Membaca, Tajwid

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan Program Tahsin dalam meningkatkan kemampuan belajar membaca Tajwid serta kendala dan solusi pelaksanaan Program Tahsin dalam meningkatkan kemampuan belajar membaca Tajwid di MTs. Islamiyah Petangguhan. Melalui metode kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi langsung, wawancara dan dokumen serta pengolahan data degan teknik analisa berupa langkah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Tahsin dalam meningkatkan kemampuan belajar membaca Tajwid di MTs Islamiyah petangguhan kec. Galang dilakukan dengan cara membaca alquran diiringi murotal dan membaca alquran dengan metode Iqra. Sedangkan kendala yag dihadapi dalam pelaksanaan tersebut, beserta solusinya,yaitu: 1) minimnya jumlah guru, maka perlu menambah pendidik. 2) Siswa yang begitu banyak, maka perlu pemisahan gender (laki-laki dan perempuan). 3) sulit dalam penyampaian materi, maka harus lebih memperhatikan siswa yang mengalami kesulitan belajar tahsin, 4)  serta tempat yang terkadang tidak mendukung, maka pelaksanaan dilakukan di dalam kelas. Penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan Islam (MTs) baik pengetahuan dan pelaksanaan mengenai program tahsin yang tepat, guna meningkatkan kemampuan belajar membaca Tajwid siswa dalam membaca Al qur’an.

Downloads

Published

2022-04-18

How to Cite

Rizky, I. ., Lubis, K. ., & Harahap, H. S. . (2022). PELAKSANAAN PROGRAM TAHSIN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MEMBACA TAJWID DI MTs ISLAMIYAH . Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 53–62. Retrieved from https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/Tajribiyah/article/view/207

Issue

Section

Articles