PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK MASA PANDEMI COVID-19 DI MTs ALWASHLIYAH PANTAI CERMIN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI
Keywords:
Problematika, Pembelajaran Akidah Akhlak, Pandemi Covid-19Abstract
Perkembangan teknologi membawa paradigma baru dalam dunia pendidikan, ditengah mewabahnya virus Coronavirus Disease (covid-19) menjadikan kegiatan pendidikan dibatasi dengan menerapkan kebijakan pembelajaran daring. Namun dalam implementasi pembelajaran membawa berbagai problematika yang terjadi dikalangan stakeholders pendidikan. Rendahnya kualitas guru, kurang meratanya fasilitas internet, keadaan sosial ekonomi menjadi bumbu-bumbu rendahnya pendidikan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Filed Research) dengan menggunakan pendekatan studi kasus (case study). Sumber data penelitian ini diperoleh dari kepala madrasah, waka kurikulum, guru, dan siswa. Sedangkan metode penelitian yang digunakan meliputi: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Problematika pembelajaran aqidah akhlak pada pandemi covid 19 di MTs Alwashliyah pantai Cermin yaitu : a) alokasi waktu pembelajaran yang terbatas; b) faktor peserta didik; c) fasilitas pembelajaran yang tidak memadai; d) kurangngya perhatian orangtua. Solusi yang dilakukan : a) memberikan tugas tambahan kepada siswa dan memberikan kebebasan waktu bertanya melalui WhatsApp group agar siswa memahami materi dengan baik; b) guru membangun motivasi belajar dengan memberikan stimulasi yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, guru juga dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengelola pembelajaran; c) dalam upaya mengatasi kekurangan sumber dan media pembelajaran guru menyusun modul.