IMPLEMENTASI KURIKULUM DARURAT KHUSUS PANDEMI COVID-19 DI MTs SKB SINAR SERDANG KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Authors

  • Abdul Azis Universitas Alwashliyah Medan Fakultas Agama Islam
  • Ramadina Fitria Universitas Alwashliyah Medan Fakultas Agama Islam

Keywords:

Implementasi, Kurikulum Darurat Khusus, Pandemi Covid-19

Abstract

Pelaksanaan kurikulum pada kondisi khusus bertujuan memberikan fleksibilitas bagi satuan pendidikan untuk menentukan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang implementasi kurikulum darurat khusus masa pandemi covid-19 di MTs SKB Sinar Serdang Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan tujuan untuk mendeskipsikan objek penelitian ataupun hasil penelitian, untuk memperoleh data yang dapat menjawab permasalahan yang menjadi fokus penelitian, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: Implementasi Kurikulum darurat khusus Masa Pandemi Covid-19 di MTs. SKB Sinar Serdang Kabupaten Serdang Bedagai, kurikulum darurat khusus memiliki nilai efektifitas fleksibilitas yang tinggi, Lembaga pendidikan diberi kesempatan dalam mendesain struktur kurikulum, kegiatan pembelajaran, dan media pembelajaran dengan tetap berorientasi pada pengembangan pengetahuan, penguaatan karakter, dan peningkatan keterampilan dengan menyajikan meteri pelajaran esensial menjadi priotas utama dalam proses pembelajaran

Downloads

Published

2022-04-08

How to Cite

Azis, A., & Fitria, R. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM DARURAT KHUSUS PANDEMI COVID-19 DI MTs SKB SINAR SERDANG KABUPATEN SERDANG BEDAGAI. Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 24–30. Retrieved from https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/Tajribiyah/article/view/196

Issue

Section

Articles