KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING BERDASARKAN LATAR BELAKANG MASA KERJA

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Lailan Syafira Putri Lubis

Abstract

Guru bimbingan dan konseling diharapkan dapat menampilkan kinerjanya sesuai


dengan tugas-tugas profesionalnya. Namun dalam praktiknya masih memiliki beberapa
kesulitan. Tujuan penelitian menganalisis kinerja guru bimbingan dan konseling SMA
dan SMK Negeri Kota Cirebon dilihat dari masa kerja menurut perpektif kepala
sekolah, guru bimbingan dan konseling, dan siswa. Penelitian dilakukan dengan
pendekatan kuantitatif dan rancangan survei di SMA dan SMK Negeri Kota Cirebon,
dengan melibatkan 42 guru bimbingan dan konseling, 10 kepala sekolah dan 420 siswa.
Alat ungkap data menggunakan inventori berbentuk skala likert. Analisis data
menggunakan uji t dan uji anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat
perbedaan kinerja guru bimbingan dan konseling SMA dan SMK Negeri di Kota
Cirebon berdasarkan masa kerjanya.


 

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Section
Articles