UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN ADAB SISWA DI MTS AL-HIDAYAH PATUMBAK
DOI:
https://doi.org/10.47662/hibrululama.v6i1.669Keywords:
Guru Akidah Akhlak, Pembinaan AdabAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui upaya guru aqidah akhlak dalam pembinaan adab siswa di MTs Al-Hidayah Patumbak, 2)Mengetahui pembinaan adab siswa di MTs Al-Hidayah Patumbak, 3) Mendeskripsikan perkembangan adab siswa setelah pembinaan adab siswa di MTs Al-Hidayah Patumbak, 4) Mengetahui kendala yang dihadapi guru aqidah akhlak dalam pembinaan adab siswa di MTs Al-Hidayah Patumbak. Jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru, wali kelas VIII dan peserta didik kelas VIII di MTs Al-Hidayah Patumbak Tahun Pembelajaran yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumnetasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan tiga jalur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa 1) Upaya guru akidah akhlak dalam pembinaan abad siswa di MTs Al-Hidayah Patumbak adalah dengan beberapa cara diantaranya mendidik dengan keteladanan, mendidik dengan kebiasaan, mendidik dengan nasihat, mendidik dengan perhatian dan mendidik dengan hukuman, 2) Pembinaan adab siswa di MTs Al-Hidayah Patumbak dilakukan dengan beberapa cara yaitu : menanamkan nilai kedisiplinan,menanamkan nilai religius,Menanamkan nilai pendidikan social, 3) Perkembangan adab siswa setelah pembinaan adab siswa di MTs Al-Hidayah Patumbak yaitu : selalu berdoa sebelum dan sesudah belajar, menyimak penjelasan guru, menjaga ketenangan dan kebersihan lingkungan, hindari menggunakan barang milik orang lain, selalu menghormati guru dan tidak menyontek saat ujian, 4) Kendala yang di hadapi guru akidah akhlak dalam pembinaan adab siswa di MTs Al – Hidayah patumbak adalah Kurangnya minat dan kesadaran siswa terhadap kegiatan – kegiatan sekolah terutama kegiatan agama. Yang paling penting dan menentukan hasil dalam proses pembinaan adab siswa di lingkungan sekolah adalah kesadaran yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri, namun hal ini justru yang di anggap masih sangat kurang oleh guru. Maka masih di perlakukan usaha yang lebih keras lagi dalam membina adab siswa di sekolah.