MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR FIKIH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SISWA KELAS VII MTsN DAIRI

Authors

  • Nurhayati Saloko Kepala Sekolah MTsN Dairi

DOI:

https://doi.org/10.47662/hibrululama.v5i1.504

Keywords:

fikih, Make A Match, Keaktifan

Abstract

Penelitian ini dirancang dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar fikih siswa kelas VII MTsN Dairi tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dimana guru sebagai fasilitator pembelajaran dan peneliti sebagai pengamat. Rancangan penelitian menggunakan Kemmist dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA MTsN Dairi yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa ada siklus I sebesar 69% (18 siswa). Hasil ini belum mencapai target keaktifan siswa yaitu KKM 80. Kemudian dilakukan perbaikan sehingga hasil siklus II diperoleh keaktifan siswa sebesar 85% (22 siswa). Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 15%. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dalam pembelajaran Fikih dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII di MTsN Dairi.

Downloads

Published

2023-06-02

How to Cite

Saloko, N. . (2023). MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR FIKIH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SISWA KELAS VII MTsN DAIRI. HIBRUL ULAMA, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.47662/hibrululama.v5i1.504