PEMIKIRAN SYEIKH H.M ARSYAD THALIB LUBIS TENTANG MATERI PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.47662/hibrululama.v4i1.370Keywords:
Materi Pendidikan Islam, Pemikiran Syeikh Arsyad Thalib LubisAbstract
Bahwasanya dimasa sekarang ini sudah banyak terjadi penyelewangan yang dilakukan oleh manusia. Melihat etika dan moral anak bangsa pada saat ini, posisi moral dan etika sering terabaikan dan tersingkir. Pemerintah harus ikut andil dalam permasalahan ini mungkin dengan memperbaiki konsep pendidikan atau mungkin dalam materi materi yang harus lebih mendalam membahas tentag etika dan moral. Kembali pada beberapa tahun yang lalu Syeikh Arsyad Thalib Lubis berhasil membuat setiap murid yang belajar pada beliau memiliki etika , moral dan berpengetahuan luas. Pada penelitian kali ini penulis mencoba melihat dan menganalisis materi apa yang di buat dan dilakukan Syeikh Arsyad Thalib Lubis, sehingga setiap yang telah berguru kepada beliau mempunyai etika, moral dan berakhlak mulia.
Metode Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian studi tokoh, dimana penelitian ini diperoleh dari berbagai sumber primer seperti beberap buku-buku karangan Syeikh Arsyad Thalib Lubis seperti; Perbandingan agama islam dan Kristen, Manusia dalam Pandangan Syeikh Arsyad Thalib Lubis, dan sumber data sekunder seperti; publikasi ilmiah berupa buku-buku, jurnal, artikel dan hasil penelitian lain yang berkaitan dengan judul tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Materi Pendidikan Syeikh Arsyad Thalib Lubis; 1. Materi ketuhanan (Tauhid). 2. Materi Kemanusiaan (Sosial). 3. Materi kerukunan (Multikultural).