PERANAN KELUARGA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK DI MASA PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.47662/hibrululama.v4i1.169Keywords:
Pendidikan Akhlak, Keluarga, Pengajar, Peserta didik, Pandemi.Abstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk memahami pentingnya peranan keluarga dalam penerapan pendidikan akhlak di masa pandemi sekarang ini. Dimana diketahui bahwa dengan adanya pandemi, peserta didik tidak mendapatkan pendidikan formal yang maksimal seperti biasa karena diberlakukannya pembatasan sosial di berbagai wilayah dengan status zona merah, yang membuat para peserta didik harus belajar dari rumah sehingga peranan guru dalam mendidik akhlak peserta didik tidak terealisasi sebagaimana mestinya. Adapun pada penelitian kualitatif ini metode penelitian yang digunakan adalah penelitian studi pustaka (library research). Serta melakukan observasi terkait fenomena yang terjadi di lingkungan masyarakat sekitar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimasa pandemi ini keluarga sebagai sarana pendidikan informal memiliki peranan sangat besar dalam memberikan pendidikan akhlak kepada anak. Pandemi ini juga kembali mengingatkan kepada para orangtua bahwa mendidik anak ialah tidak hanya merupakan kewajiban para guru disekolah akan tetapi juga merupakan kewajiban orangtua sebagai pendidik yang paling utama.