PERANAN KELUARGA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK DI MASA PANDEMI

Authors

  • Abdul Azis DOSEN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
  • Yulia Warda DOSEN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
  • Fathul Jannah DOSEN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

DOI:

https://doi.org/10.47662/hibrululama.v4i1.169

Keywords:

Pendidikan Akhlak, Keluarga, Pengajar, Peserta didik, Pandemi.

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk memahami pentingnya peranan keluarga dalam penerapan pendidikan akhlak di masa pandemi sekarang ini. Dimana diketahui bahwa dengan adanya pandemi, peserta didik tidak mendapatkan pendidikan formal yang maksimal seperti biasa karena diberlakukannya pembatasan sosial di berbagai wilayah dengan status zona merah, yang membuat para peserta didik harus belajar dari rumah sehingga peranan guru dalam mendidik akhlak peserta didik tidak terealisasi sebagaimana mestinya. Adapun pada penelitian kualitatif ini metode penelitian yang digunakan adalah penelitian studi pustaka (library research). Serta melakukan observasi terkait fenomena yang terjadi di lingkungan masyarakat sekitar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimasa pandemi ini keluarga sebagai sarana pendidikan informal  memiliki peranan sangat besar dalam memberikan pendidikan akhlak kepada anak. Pandemi ini juga kembali mengingatkan kepada para orangtua bahwa mendidik anak ialah tidak hanya merupakan kewajiban para guru disekolah akan tetapi  juga merupakan kewajiban orangtua sebagai pendidik yang paling utama.

Downloads

Published

2022-01-27

How to Cite

Azis, A., Warda, Y. ., & Jannah, F. . (2022). PERANAN KELUARGA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK DI MASA PANDEMI. HIBRUL ULAMA, 4(1), 28–37. https://doi.org/10.47662/hibrululama.v4i1.169