INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA

Authors

  • Dani Try Hutama Hutabarat Fakultas Ekonomi Universitas Asahan
  • Muhammad Faiz Fakultas Ekonomi Universitas Asahan
  • Alweni Khoiriyah Lubis Fakultas Ekonomi Universitas Asahan
  • Melyana Br Barus Fakultas Ekonomi Universitas Asahan
  • Melyani Br Barus Fakultas Ekonomi Universitas Asahan
  • Dilla Puspita Sari Fakultas Ekonomi Universitas Asahan

DOI:

https://doi.org/10.47662/hibrululama.v4i1.167

Keywords:

Pembelajaran, ekonomi, PuP3B

Abstract

Pendidikan dituntut untuk mampu menciptakan manusia yang utuh cerdas secara intelektual, spiritual, sosial, dan kinestetik. Karena itu pengajaran Ekonomi harus mampu mengakomodasi pendidikan karakter yang bersesuaian dengan materi ekonomi. Pembelajaran ekonomi harus mampu membantu anak didik untuk siap menghadapi tantangan perekonomian yang dihadapi bangsa Indonesia yaitu tingkat kemiskinan yang masih tinggi, tingkat pengangguran yang tinggi, semakin ketatnya persaingan, dan basis keunggulan ekonomi yang masih lemah. Dengan pertimbangan di atas pengejaran ekonomi yang mendasarkan pada Pengembangan, dan/atau Pembangunan Berkelanjutan (PuP3B) Pada Pembelajaran Ekonomi di SMA menjadi sangat relevan dengan tantangan di atas. Pengembangan, dan/atau Pembangunan Berkelanjutan (PuP3B) adalah pedogogi yang menekankan pembelajaran yang bermakna dan mampu membentuk karakter yang baik pada diri anak didik. Secara teknis Pengembangan, dan/atau Pembangunan Berkelanjutan (PuP3B) merupakan pengajaran yang didalamnya terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap (1) konteks, (2) pengalaman, (3) refleksi, (4) tindakan, dan (5) evaluasi, dan kelima langkah tersebut untuk menjacapai tujuan yang telah ditetapkan.

Downloads

Published

2022-01-10

How to Cite

Hutabarat, D. T. H., Faiz, M. ., Lubis, A. K. ., Barus, M. B., Barus, M. B. ., & Sari, D. P. (2022). INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA. HIBRUL ULAMA, 4(1), 11–18. https://doi.org/10.47662/hibrululama.v4i1.167