INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA
DOI:
https://doi.org/10.47662/hibrululama.v4i1.167Keywords:
Pembelajaran, ekonomi, PuP3BAbstract
Pendidikan dituntut untuk mampu menciptakan manusia yang utuh cerdas secara intelektual, spiritual, sosial, dan kinestetik. Karena itu pengajaran Ekonomi harus mampu mengakomodasi pendidikan karakter yang bersesuaian dengan materi ekonomi. Pembelajaran ekonomi harus mampu membantu anak didik untuk siap menghadapi tantangan perekonomian yang dihadapi bangsa Indonesia yaitu tingkat kemiskinan yang masih tinggi, tingkat pengangguran yang tinggi, semakin ketatnya persaingan, dan basis keunggulan ekonomi yang masih lemah. Dengan pertimbangan di atas pengejaran ekonomi yang mendasarkan pada Pengembangan, dan/atau Pembangunan Berkelanjutan (PuP3B) Pada Pembelajaran Ekonomi di SMA menjadi sangat relevan dengan tantangan di atas. Pengembangan, dan/atau Pembangunan Berkelanjutan (PuP3B) adalah pedogogi yang menekankan pembelajaran yang bermakna dan mampu membentuk karakter yang baik pada diri anak didik. Secara teknis Pengembangan, dan/atau Pembangunan Berkelanjutan (PuP3B) merupakan pengajaran yang didalamnya terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap (1) konteks, (2) pengalaman, (3) refleksi, (4) tindakan, dan (5) evaluasi, dan kelima langkah tersebut untuk menjacapai tujuan yang telah ditetapkan.