PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII ANTARA SISWA YANG MONDOK DAN TIDAK MONDOK DI MTS AL WAHLIYAH ISMAILIYAH KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.47662/hibrululama.v3i2.162Keywords:
Prestasi, Belajar Siswa Mondok dan Tidak MondokAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa yang mondok dan tidak mondok pada mata pelajaran aqidah akhlak siswa kelas VIII di Mts Al Washliyah Ismailiyah kota Medan. Selain itu, penelitian ini juga untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar aqidah akhlak siswa kelas VIII yang mondok dan tidak mondok di Mts Al Washliyah Ismailiyah kota Medan. Metodologi penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang mana penelitian ini menggunakan beberapa uji statistik diantaranya uji normalitas, homogenitas, dan diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Data diambil dari nilai rapot diteliti melalui analisis uji sampel,t-test diperoleh hasil asym Sig .(2-tailed) sebesar 0,058 siswa yang mondok di pesantren dan . sig.(2-tailed) sebesar 0,000 siswa yang tidak tinnggal di pondok pesantren. Pengambilan keputusan dengan tarif signifikasi 20% yaitu apabila nilai signifikasi (sig) < 0,05, maka Ho ditolak dan jika signifikasi (sig) >0,05 maka Ho diterima. Dari hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa Asyn sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 berarti Ho di tolak dan Ha diterima artinya dapat perbedaan antara perbandingan prestasi belajar aqidah akhlak yang mondok dan tidak mondok. Dari Hasil penelitian ini maka hipotesis (Ha) dapat diterima yaitu ada perbandingan prestasi belajar aqidah akhlak siswa yang mondok dan tidak mondok di Mts Al washliyah ismailiyah kota medan.