PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF VISUAL BASIC 2010 TERHADAP HASIL BELAJAR SKI DI MADRASAH TSANAWIYAH HIFZIL QUR’AN YAYASAN ISLAMIC CENTRE SUMATERA UTARA

Authors

  • Abdul Azis

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif visual basic 2010 terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Hifzil Qur’an Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran interaktif visual basic 2010 dapat memberi pengaruh yang positif serta dapat meningkatkan keaktifan belajar SKI siswa, serta faktor pendukung dan penghambatnya di Madrasah Tsanawiyah Hifzil Qur’an Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara. Metode Penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Hifzil Qur’an Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara dengan populasi yang diambil dari semua kelas VIII yang berjumlah 187 orang siswa yang dibagi menjadi 6 (enam) kelas. Adapunsampel dalam penelitian ini mengambil secara sampling klaster. Karena penelitian ini bersifat eksperimen, maka data yang diperoleh harus ada 2 kelas, sebagai kelas perlakuan/eksperimen dan kelas kontrol/pembanding. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk menjaring data hasil belajar siswa adalah dengan tes pilihan berganda, yaitu 30 item soal. Teknik analisis data dengan menggunakan Uji t.

Downloads

Published

2020-02-20

How to Cite

Azis, A. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF VISUAL BASIC 2010 TERHADAP HASIL BELAJAR SKI DI MADRASAH TSANAWIYAH HIFZIL QUR’AN YAYASAN ISLAMIC CENTRE SUMATERA UTARA. HIBRUL ULAMA, 2(2), 1–9. Retrieved from https://ejurnal.univamedan.ac.id/hibrululama/article/view/123