EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI DAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS AZ ZAHRA DOLOK MASIHUL

Authors

  • Nurul Hidayah

Abstract

Efektivitas Metode Demonstrasi Dan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di Mts Az Zahra Dolok Masihul. Penelitian ini dilatarbelakangi Permasalahan yang ditemui dalam kegiatan pembelajaran di MTs Az Zahra Dolok Masihul, bahwa dalam proses pembelajaran di kelas cenderung menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan pendekatang teacher centre dan belum memberikan motivasi dan hasil belajar yang baik selain itu kurangnya media pembelajaran yang mendukung sehingga keadaan tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan metode Demonstrasi dan media audiovisual di MTs Az Zahra Dolok Masihul, 2) Efektivitas metode Demonstrasi dan media audiovisual pada mata pelajaran Fikih di MTs Az Zahra Dolok Masihul. Penelitian Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dan diperoleh pada siklus I dari 30 siswa diperoleh 20 siswa tuntas dalam belajar, 10 siswa tidak tuntas dengan persentase 66,67 % dengan rata-rata 72,06. Pada siklus II diperoleh 26 siswa yang tuntas dan 4 siswa tidak tuntas, dengan persentase mencapai 86,67 % dengan rata-rata 80,53. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Metode Demonstrasi dan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MTs Az Zahra Dolok Masihul

Downloads

Published

2020-02-20

How to Cite

Hidayah, N. (2020). EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI DAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS AZ ZAHRA DOLOK MASIHUL. HIBRUL ULAMA, 2(1), 62–78. Retrieved from https://ejurnal.univamedan.ac.id/hibrululama/article/view/121